loading...

“BHINNEKA TUNGGAL IKA” Sang Pemersatu Bangsa

Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar. Bangsa yang memiliki berbagai macam suku, budaya, ras, kesenian, bahasa, agama, dan adat istiadat yang menjadi aset kebudayaan nasional. Berbagai keberagaman unsur budaya tersebut tercantum dalam semboyan bangsa Indonesia yaitu Bhineka Tunggal Ika. Tulisan semboyan ini terpampang jelas berada dalam balutan pita yang dicengkeram kaki burung Garuda di bawah lambang negara kita burung Garuda.

Bhineka Tunggal Ika juga menggambarkan adanya kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia. Sejatinya Bhineka Tunggal Ika merupakan semboyan bangsa Indonesia yang hanya dimiliki oleh bangsa Indonesia saja. Sebuah semboyan yang meningkatkan kecintaan masyarakat kepada bangsa Indonesia karena dengan semboyan itulah yang membawa bangsa Indonesia menjadi bangsa yang besar, bangsa yang sangat disegani oleh negara lain.

Dengan adanya keberagaman sebagai corak pluralitas, Bangsa Indonesia khususnya masyarakat harusnya menyadari dan menjadikan hal tersebut sebagai penguat dalam berkehidupan. Membina identitas bangsa yang berpedoman Bhineka Tunggal Ika juga memerlukan upaya yang berkesinambungan serta berkaitan dengan berbagai aspek. Kedudukan seseorang sebagai warganegara Indonesia tidak mengenal diskriminasi, kehidupan bersama yang penuh toleransi dan menghindari berbagai perasaan curiga satu dengan yang lain di dalam kehidupan bersama, kemampuan dan keinginan untuk melihat perbedaan antar suku bukan sebagai hal yang memisahkan di dalam kehidupan dan pergaulan sehari-hari bahkan lebih mempererat dan memperjaya kehidupan dan kebudayaan nasional. Ini dikarenakan dalam era globalisasi sekarang ini setiap bangsa ingin menonjolkan identitas bangsanya agar lebih dikenal di mata dunia, suatu identitas yang lebih menonjolkan beranekaragam budaya dan karya anak bangsa.

Sebagai warga Negara Indonesia  kita harus jadikan nilai-nilai Bhineka Tunggal Ika untuk mempererat persatuan dan kesatuan bangsa. Setiap warga negara harus berusaha mengisinya dan memperkaya makna yang dikandungnya, saling toleransi antara satu dengan yang lain karena hal ini yang akan menjadikan kekuatan dalam persatuan Indonesia. Seperti para pendiri negeri ini yang memperjuangkan Bhineka Tunggal Ika sehingga bisa mempersatukan seluruh anak negeri dari Sabang hingga Merauke, maka saatnya tugas kita untuk terus memperjuangkan agar Bhineka Tunggal Ika tetap bertahan dan menyatukan keberagaman dan perbedaan yang semakin dinamis.

Baca Juga:  Antisipasi Barang Ilegal, Satgas 509 Periksa Pelewat Tapal Batas

Bhinneka Tunggal Ika bukanlah sekadar semboyan saja, tetapi harta yang harus dirawat bersama. Inilah inti demokrasi dalam sebuah bangsa yang kaya dan beranekagagam. Dengan menjaga dan mengamalkan arti dari sebuah KeBhinekaan maka kita akan selalu memegang erat persatuan dan kesatuan bangsa.

Berbeda-beda tetapi tetap satu, kitalah Indonesia. Kita diciptakan berbeda tapi untuk bersatu, Dari manapun kita berasal kita adalah putera-puteri Indonesia yang harus selalu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.(Ak)

Facebook Comments

Berita Terkait:

error: Content is protected !!