loading...

Ketika Siswa Myanmar Kejutkan Indonesia dengan Tari Saman

Myanmar – KBRI Yangon hadirkan nuansa dan kebudayaan Indonesia pada Students Festival Myanmar 2020 di Diamond Jubile Hall, Universitas Yanggon (12/10/2020). Pada kesempatan tersebut, KBRI Yangon memberikan edukasi mengenai Indonesia, mulai dari mata uang yang digunakan, wilayah Indonesia, warisan bersejarah yang dapat dikunjungi seperti Candi Borobudur dan hal-hal lain seperti budaya batik di Indonesia.

Students Festival Myanmar merupakan kegiatan yang melibatkan 1000 siswa setingkat SMP dan SMA negeri maupun swasta di Yangon. Kesempatan tersebut dimanfaatkan oleh KBRI Yangon untuk memperkenalkan Indonesia kepada generasi muda Yangon termasuk mengundang para peserta untuk menjadi followers media sosial KBRI Yangon.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan bersejarah yang berhasil menyatukan siswa sekolah negeri dan sekolah swasta. Kerja sama dalam bidang pendidikan itu sangat penting, khususnya karena motto pendidikan kita adalah No one left behind, Education for All.” Kata Menteri Pendidikan Myanmar, Dr. Myo Thein Gyi dalam pembukaannya menekankan pentingnya kerja sama seluruh pihak dalam bidang pendidikan.

Baca Juga:  Dukung Penghijauan Dengan Penanaman 100 Pohon

Uniknya kegiatan tersebut juga dimeriahkan dengan Tari Saman yang ditampilkan oleh siswa siswi SDEC International School. Para siswa siswi SDEC International School sangat terkesan dengan persembahan Tari Saman saat pembukaan Asian Games tahun 2018 sehingga memutuskan untuk menampilkannya dengan mempelajarinya dari Youtube dan panduan dari guru-guru mereka.

Tari Saman adalah tari tradisional asal Aceh yang terkenal akan kebersamaan, kekompakan dan unsur pendidikannya. Sudah menjadi kewajiban bangsa Indonesia untuk terus memperkenalkan dan melestarikan kekayaan budaya kita.

(Sumber: KBRI Yangon)​

Facebook Comments

Berita Terkait:

error: Content is protected !!