loading...

Jamin Ketersediaan Bahan Pangan, TNI Bercocok Tanam di Wilayah Perbatasan RI-PNG

JAYAPURA – Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 413 Kostrad Pos Muara Tami menggelar kebun ketahanan pangan dalam rangka menjamin ketersediaan bahan pokok makanan di wilayah Kampung Skouw Sae Distrik Muara Tami Kota Jayapura.

Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 413 Kostrad Mayor Inf Anggun Wuriyanto, S.H., M.Han. dalam rilis tertulisnya di Distrik Muara Tami Kota Jayapura, Papua, Selasa (05/01/2021) menjelaskan bahwa kegiatan yang dilakukan Pos Muara Tami tersebut merupakan upaya Satgas dalam menjaga stabilitas ketersediaan bahan pokok makanan khususnya bumbu dapur ditengah wabah Covid-19 yang hingga kini belum berakhir. “Kami akan terus berupaya membantu pemerintah dalam menjamin ketersediaan bahan pangan khususnya bumbu dapur sebagai bahan pokok mengolah makanan,” ujarnya.

Baca Juga:  Babinsa Berbagi, Sebagai Wujud Kepedulian Kepada Warga

Lanjut disampaikan Dansatgas bahwa jenis bumbu dapur yang ditanam oleh Pos Muara Tami berupa cabai dan daun bawang, yang ditanam di salah satu ladang masyarakat bernama Bapak Domie (51) seluas kurang lebih 200 Meter persegi. “Kualitas tanah yang subur dan akses air yang mudah, membuat tanaman ini tumbuh subur dan panen sesuai dengan waktu yang ditentukan,” ucapnya.

Sementara itu, Serka Dwi Maspudri selaku Komandan Pos Muara Tami mengatakan Satgas sudah berkomitmen diawal dengan Bapak Domie bahwa hasil panen ini sebagian diserahkan kepada pemilik tanah yaitu bapak Domie sendiri dan sebagiannya lagi diberikan kepada masyarakat sekeliling Kampung Skouw Sae, karena kedua jenis bumbu dapur ini terbilang langka dan cukup mahal di pasaran.

Baca Juga:  Satgas Pamtas Anjangsana Ke Tokoh Masyarakat Workwana

Sambutan hangat diberikan oleh Bapak Domie selaku pemilik ladang yang tanamannya tumbuh subur dengan bantuan dari Pos Muara Tami. “Semoga ilmu yang diberikan dapat kami terapkan dan hasil panen ini akan berguna untuk masyarakat Kampung Skouw Sae,” katanya.

Facebook Comments

Berita Terkait:

error: Content is protected !!